Langsung ke konten utama

Wanita yang Adopsi 118 Anak Dipenjara 20 Tahun karena Kasus Penipuan

Wanita yang Adopsi 118 Anak Dipenjara 20 Tahun karena Kasus Penipuan

Seorang wanita China berusia 54 tahun yang pernah dipuji karena mengadopsi 118 anak telah dihukum 20 tahun penjara karena kasus penipuan.

Li Yanxia dinyatakan bersalah di Pengadilan Wu'an di provinsi Hebei karena melakukan pemerasan, penipuan, pemalsuan dan mengganggu ketertiban sosial.

Yanxia, mantan pemilik panti asuhan, yang pernah dijuluki "Love Mother", juga didenda 2,67 juta yuan (Rp5,4 miliar). Lima belas kaki tangan, termasuk pacarnya, juga dihukum.

Pengadilan menemukan bahwa Li Yanxia yang juga dikenal sebagai Li Lijuan telah menyalahgunakan panti asuhan.






"[Dia] melakukan penipuan bersama kelompoknya untuk mendapatkan manfaat ekonomi yang luas," demikian pernyataan Pengadilan Rakyat Kota Wu'an di situs blog mikro Weibo mengutip BBC News, Kamis (25/7).

Pacarnya, Xu Qi, dituduh mengganggu ketertiban sosial, pemerasan, penipuan. Dia mendapat hukuman 12,5 tahun penjara dan denda 1,2 juta yuan (Rp2,4 miliar).

Sedangkan 14 kaki tangan lainnya menerima hukuman penjara hingga empat tahun.


Membuka desa

Li pertama kali menjadi terkenal pada 2006 setelah media mengetahui fakta bahwa ia telah mengadopsi lusinan anak di kampung halamannya di Wu'an, sebuah kota kecil di provinsi Hebei.

Dia mengatakan kepada media bahwa dia pernah menikah tetapi telah bercerai. Mantan suaminya telah menjual putra mereka ke pedagang gelap seharga 7.000 yuan (Rp14 juta), katanya.

Dia berkata bahwa dia berhasil mendapatkan putranya kembali—dan saat itulah dia memutuskan untuk mengadopsi anak.

Selama bertahun-tahun ia mendapatkan kekayaan yang signifikan, menjadi salah satu wanita terkaya di Hebei, dan pada tahun 1996, dia membeli sebuah perusahaan pertambangan besi.

"Saya sering melihat seorang gadis berusia lima atau enam tahun berlarian di sekitar tambang. Ayahnya meninggal … ibunya melarikan diri … jadi saya membawa gadis itu ke rumah saya. Dia adalah anak pertama yang saya adopsi," katanya kepada surat kabar lokal Hebei, Yanzhao Metropolis Daily pada saat itu.

Dia melanjutkan untuk mengadopsi lusinan anak-anak lain dan akhirnya membuka panti asuhan, yang dia beri nama "Desa Cinta". Dia sering ditulis di media, termasuk beberapa laporan bahwa dia telah berjuang melawan kanker dan menghabiskan seluruh kekayaannya.

Jumlah anak di bawah asuhannya mencapai puncaknya pada 2017 dengan 118 anak.

Pada tahun itulah pemerintah menerima informasi dari anggota masyarakat yang memberi tahu ada kegiatan yang mencurigakan.

Pada Mei 2018, polisi menemukan bahwa ia memiliki lebih dari 20 juta yuan (Rp40 miliar)dan USD 20.000 (Rp 279 juta) di rekening banknya, dan memiliki kendaraan mewah seperti Land Rovers dan Mercedes Benz.

Mereka menemukan dia telah melakukan kegiatan ilegal sejak 2011.




Dia juga memanipulasi beberapa anak angkatnya untuk menghalangi pekerjaan di lokasi konstruksi. Salah satu contoh membuat mereka berjalan di bawah truk sehingga konstruksi tidak dapat dilanjutkan. Li kemudian memeras perusahaan konstruksi ini.

Wanita berusia 54 tahun itu juga ditemukan mendapatkan uang dengan dalih membangun "Desa Cinta".

Li ditempatkan di bawah penahanan kriminal pada bulan Mei. Ada 74 anak yang tersisa di desa ketika dia ditahan. Mereka dipindahkan ke berbagai fasilitas pemerintah dan sekolah lainnya.

Banyak orang di media sosial di China mengutuk tindakannya, menyebutnya serigala berbulu domba.

"Menjijikkan. Paman saya benar-benar menyumbang kepada [panti asuhan] sebelumnya," kata seseorang di Weibo.

"Saya pernah memanggilnya Love Mother," kata pengguna lain. "Aku ingin mengambilnya kembali … tidak ada cinta sama sekali padanya. Dia tidak layak untuk nama itu."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Arab Saudi Gelar Turnamen PUBG Mobile

Arab Saudi sedang menggelar festival Jeddah Season tahun ini. Festival ini merupakan ajang bagi pemerintah negara tersebut memperkenalkan Arab Saudi sebagai salah satu tujuan turis paling populer di dunia. Salah satu acara yang diadakan dalam festival ini adalah turnamen PUBG Mobile. Acara ini digelar oleh General Sports Authority atau badan pemerintah yang bertanggung jawab di bidang olaharaga. Dikutip dari Arab News , Kamis (26/6), turnamen PUBG Mobile ini digelar sejak 15 hingga 21 Juni. Pemenang dalam turnamen ini adalah Ahad Uz Zaman yang berhasil mengalahkan 49 peserta lainnya. Pria berumur 20 tahun itu menuturkan bahwa dirinya masih mahasiswa dan memang banyak menghabiskan waktu untuk bermain PUBG Mobile. Dia pun mengaku kerap dimarahi sang ibu karena kebiasanannya tersebut. "Ibu saya sering marah menanyakan alasan saya selalu memainkan game ini setiap saat. Jadi, saya sangat senang bisa menggunakan kemampuan PUBG Mobile yang dimiliki (untuk turnamen)

Pak Anies, Warga Muara Baru Beli Air Bersih sampai Rp 50 Ribu Per Hari

Warga RT 019 RW 017, Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara, sudah terbiasa dengan krisis air bersih, baik saat musim hujan maupun kemarau. Warga yang memasang mesin pompa Perusahaan Air Minum (PAM) pun tidak bertahan lama. "Bukan kekurangan air, dari dulu juga udah kekurangan air. Saya masang PAM bertahan 6 bulan, yang keluar cuma lumpur. Saya mau ngisi (bak) air nggak ada," ujar salah seorang warga, Yuyun, saat ditemui di kediamannya, Jalan Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara, Rabu (24/7/2019). Yuyun, yang merupakan ibu tiga anak, merasa rugi ketika memasang mesin PAM. Mesin yang sudah dipasang tidak mengeluarkan air, malah Yuyun dikenai beban biaya. "Di sini mah rugi masang (pompa air), ya kita baru masang sudah mati, nambahin beban (biaya) air, nggak keluar aja nambahin beban. Saya masang tahun berapa itu, disuruh bayar, padahal mah keluar juga nggak. Bayar ke PAM," katanya sambil mengupas bawang bersama teman-temannya. Untuk mendapatkan air bersih per hari,

Heboh Polisi ‘Terseret’ di Kap Mobil: Polantas dapat Hadiah & Terungkap Pelaku adalah Mahasiswa S2

Media sosial geger akibat adanya video polantas yang ‘terseret’ di kap mobil akibat mau menilang mobil yang melanggar peraturan lalu lintas. Sosok polantas tersebut menuai pujian berkat aksi heroiknya dalam menjalankan tugas. Yuk, cari tahu lebih lanjut soal kejadian viral tersebut. Video polantas yang beraksi dengan ‘nemplok’ di kap mobil pada saat mau menilang menjadi sorotan. Diketahui, polisi tersebut hendak menilang tapi si pengemudi terus melajukan mobilnya. Akhirnya polisi yang berada di depan menempel di kap mobil dan diseret. Beruntung tidak ada yang terluka akibat kejadian ini. Tidak heran aksi polantas ini menuai pujian dari warganet. Di video tersebut, dia tampak nekat turun dari mobil meski mobil tidak melambat sehingga dia harus berlari mundur dengan susah payah sambil menjaga keseimbangan. Karena aksinya itu, ponselnya sampai terjatuh dan terbelah. Menurut keterangan Kepala Bidang Humas Jabar Kombes Pol Trunoyudo , Wisnu Andiko , peristiwa tersebut terjadi Kamis siang